Roadster Jepang Nan Imut

Daihatsu Copen Cabriolet 2004

Ini merupakan cerita masa lalu, tepatnya tahun 2008, ketika saya bertugas di sebuah negara kecil berpenduduk 85 ribu orang – Republic of Seychelles. Suatu hari, sosok cabrio imut ini nangkring di depan lobby sebuah hotel. Belakangan saya ketahui kalau mobil ini untuk disewakan. Dari sanalah hasrat untuk mendapatkan pengalaman dari mobil imut ini tak terbendung hingga rela menunggu selama dua minggu menanti giliran. Waktu yang cukup panjang tapi semuanya terbayar ketika saat yang di nanti itu tiba.

Copen Front

Cabriolet dua pintu yang menjalani debut di Tokyo Auto Show 1999 ini memiliki dimensi super imut (p x l x t = 3,395 mm x 1,475 mm x 1,245 mm) dengan bobot hanya sekitar 825 kg. Desainnya membulat dari depan sampai ke belakang di tambah model lampu lampunya yang juga bulat. Lampu senja dibuat sedikit kedalam dengan ukuran proporsional yaitu setengah ukuran lampu utamanya. Sontak hal ini membuat kesan mengerucut ke bawah apalagi desain grillnya yang mengikuti posisi lampu lampu tadi membuat kesan ‘V’ semakin kental. Secara tidak langsung desain Daihatsu Copen ini seolah berteriak ‘V’ untuk Vicotry alias kemenangan. Jelas menang karena pabrikan lain tidak merilis model serupa.

Copen Inter

Tata ruang mesinnya, yang juga imut, sangat rapi dan detil sehingga layak di pertontonkan. Kapasitasnya cuma 660 cc tapi mampu melesat dari posisi diam hingga kecepatan 100km/jam dalm hitungan 9,5 detik. Mesin imut itu mampu memuntahkan tenaga hingga 68 daya kuda. Cukup besar kalau di hitung secara ‘power to weight ratio’ dimana setiap satu daya kuda menanggung beban hanya 12,1 kg saja. Mengingat bobotnya yang sangat ringan mobil ini sangat responsive mulai putaran bawah. Sang pencipta pastinya tidak mau mengecewakan si penunggang kalau nantinya di salip bis antar kota. Saya tidak bisa mencapai kecepatan puncak karena kondisi jalan yang sempit dan penuh dengan blind spot yang cukup berbahaya. Untuk mencapai kecepatan 120kpj sangat gampang didapat dan masih ada sedikit jeda di pedal gas kalau mau memacu lebih dari itu.

Copen Back

Saya sangat menikmati berkendara keliling pulau sambil menghirup udara yang minim polusi baik asap maupun debu. Hanya butuh sekitar 9 detik untuk membuka/tutup atap cabrioletnya jadi tidak perlu khawatir saat menghadapi situasi tidak terduga asalkan masih dalam radius 9 detik tadi. Seperti contoh tiba tiba hujan lebat atau di depan terdapat perbaikan jalan yang menyebabkan banyak debu berhamburan. Tapi sayang sekali ketika atapnya dalam keadaan tertutup ada bunyi berdecit di joint kanan kiri bagian atas kaca depan. Bunyi tersebut terjadi akibat panel pengunci atapnya bergesekan dengan perangkat keras kaca depan.  Asalkan jalanan mulus maka bunyi bunyi tersebut akan absen dengan sendirinya.

Di sektor interior anda akan dimanjakan dengan kokpit sebuah mobil sprot. Jok kulit semi-bucket berlapis kulit cokelat tua di buat sejalan dengan lingkar kemudinya yang juga model sport. Panel instrument di dashboard cukup informatif dalam pantauan yang sangat nyaman. Yups….sangat nyaman karena semua terlihat jelas dari berbagai posisi duduk. Kokpit munggil ini lebih cocok untuk postur asia, kecuali para pegulat Sumo harus berpikir dua kali kalau mau menggeber mobil ini. Audionya terbilang standar mengingat ruang untuk piranti ini memang sangaat terbatas. Bagian buritan mobil ini di invasi oleh keberadaan atap kabrioletnya sehingga tambahan piranti audio dan bahkan bagasi sekalipun kurang memungkinkan. Akan tetapi barang bawaan anda buat ngantor masih bisa di sisipkan di belakang jok  dalam jumlah tertentu. Semakin besar postur anda maka akan semakin sempit ruang tersebut. Mobil ini benar benar untuk keperluan gaya hidup tinimbang pengguaan harian. Sangat cocok untuk keperluan intimasi dan pemilik garasi munggil.

Sayang sekali roadster imut ini tidak masuk di pasar tanah air. Jika kontur jalan menjadi pertimbangan sebetulnya kurang tepat mengingat negeri dimana saya mencobanya memiliki infrastruktur yang sangat bumpy. Wong dimensinya tidak beda jauh kok dengan Mazda MX-5. Haloow Daihatsu….!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s