Tatapan Tegas Sosok Rajawali

New Chevy Aveo 1.4L A/T

Suatu hari di lampu merah bilangan Jl. Nakula kru Motorocco sempat di bikin ngiler oleh sosok Chevy Aveo warna putih yang mau ga mau harus berhenti di belakang sisi kanan sang jurnalis. Seperti biasa, kami akan ngintip area belakang lewat spion kali aja ada yang menarik untuk di suguhkan ke pembaca tercinta.

Black AveoMembajak mobil tersebut buat mengetahui fiturnya sangat tidak mungkin. Akhirnya dia meluncur ke dealernya di daerah Gatsu barat untuk bisa langsung mencobanya. Pinang di pucuk ulam tiba. Sim salabim mobil buruan terlihat nangkring di area belakang dealer tersebut. kami melewatkan beberapa pajangan yang ada di depan seperti Spin Diesel dan Captiva baru karena memang rencananya mau ketemu si Aveo hatchback tadi.

Setelah sedikit basa basi akhirnya sang penunggu menyetujui sesi uji coba saat itu juga. Untuk sekali lagi kami tertegun melihat tampilan depan mobil ini yang menyiratkan ketegasan lewat head lamp kembar membulat diantara kap mesin dan bumper yang cendrung mengotak. Tatapannya seolah mewakili ketajaman visi sosok Rajawali. Model grill khas Chevy juga menambah kesan elegan layaknya mobil Amrik. Secara dimensi mobil ini cukup nyaman untuk postur jangkung hingga 180 cm sekalipun. Inilah salah satu karakter mobil Amrik dimana ia harus mampu mengakomodasi postur negeri asal yang rata rata tinggi besar.

Begitu memasuki mobil ini akan terdengar suara robot..dung…dung..dung…pertanda sabuk pengaman musti di kenakan. Semua orang tahu kalau pabrikan ini paling getol dengan kenyamanan joknya so ga usah di bahas. Posisi dudukpun sangat nyaman dengan sudut pandang yang lega ke semua arah. Pengemudi akan sangat di manjakan dengan desain dashboard yang modern di lengkapi dengan panel instrumen layaknya moge masa kini. Kisi kisi AC di pojok kanan-kiri berbentuk bulat menyerupai baling baling airbus. Tidak luput kami mencoba fitur audionya yang notabene sanggup memuntahkan suara jernih dari ke empat speakernya. Kami tidak pergi begitu jauh hingga keluar kota jadi minim info soal kelayakan antena radionya. Di dalam kota, tokcer bro.

Tidak mau terlihat katrok untuk berlama lama tertegun dengan interior mobil ini, akhirnya kami memutuskan keluar kandang untuk mencoba performanya. Pertama tama kami melaju di lintasan minim hambatan dengan jarak tempuh lurus sepanjang hampir tiga kilometer. Terus terang kami jarang puas dengan performa mesin automatis, tapi kali ini terasa berbeda. Momentum yang hilang sangat gampang didapat kembali dalam rentang waktu yang sangat singkat. Artinya, Chevy yang satu ini siap di bejek secara brutal dan, yang terpenting, hentakan pergantian giginya terasa mulus.

Kami memutar balik untuk mencari tahu kenyamanannya di medan yang semua orang hindari – jalan berbatu, nanjak dan berkelok. Memang trek ini bukan sirkuit beneran untuk test drive tapi memiliki semua kontur yang kami inginkan untuk mencoba sebuah mobil idaman. Melahap tikungan tajam nan sempit seolah menjadi keahlian mobil ini. Kami geber di turunan begitu keluar dari tikungan kemudian berhenti mendadak dan kami mendapatkan titik henti sesuai keinginan. Melalui portal sempit kami musti berhati hati karena dimensi mobil yang lumayan besar. Awalnya kami berpikir portal tersebut hanya muat untuk mobil kecil seukuran Kia Visto namun cukup lega ketika bisa melewatinya. Ini mengindikasikan bahwa Aveo termasuk kompak juga.

Kini kami menuju sebuah tanjakan dengan tingkat kemiringan sekitar 35 derajat. Di kejauhan terilhat ada mobil kutu 1000 cc terparkir di di kanan jalan dengan arah yang sama. Mobil itulah yang kami gunakan sebagai benchmark kekuatan mesin. Kepercayaan diri kami terpompa bahwa kami pasti bisa melakukannya dengal lebih baik mengingat kapasitas cylinder yang jelas jelas lebih gede. Alhasil, kami melewatinya dengan enteng.

Memasuki areal berbatu – ini bukan medan off road tapi jalan komplek perumahan yang tak kunjung di perbaiki – kami berkesempatan untuk fokus di kaki kaki. Bantingan suspensinya tidak terlaliu empuk tapi cukup nyaman karena pantulannya jadi teredam. Kami tidak merasakan ada benturan di bagian bawah karena ground clearance mobil ini terbilang cukup tinggi.

Berakhirnya sesi uji coba kami menimbulkan sebuah tekad bahwa mobil ini layak dimiliki untuk mereka yang berjiwa muda dan gemar tongkrongan futuristik. Tentu saja tanpa mengesampingkan seabrek fitur kenyamanan, desain dan tenaga yang mumpuni.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s