Mobil Kutu Selincah Goyang Inul

Mitsubishi Mirage 1.2 A/T

Maraknya trend City Car di tanah air telah membuat Mitsubishi Motors tergugah untuk bersaing di segmen ini.  Hal ini di tandai dengan di perkenalkannya City Car model Mirage dengan kapasitas mesin yg sebanding dengan kompetitornya yaitu 1200 cc. Di bekali mesin dengan tiga katup, tidak terlalu buruk untuk menggerakkan sebuah mahakarya berbobot hingga 800-an kg. Atas undangan pihak Mitsubishi Imam Bonjol, Pak Ferry, kami berkesempatan untuk menikmati fitur mobil munggil ini minggu kemaren. Pak Ferry begitu menggebu ketika menjelaskan kenapa mobil ini layak kami tebus sampai akhirnya kami nyemplak di kokpit yang mayoritas berkelir begie dan abu abu itu.

MirageGLX-Exterior_3

Simplicity! Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan bagian dalam mobil ini. Mitsubishi tahu betul bahwa pecinta mobil model ini pastilah kalangan orang orang yang sudah capek dengan beragam fitur yang bahkan tidak tersentuh sampai mobil itu menjadi rongsokan. Kesan membulat sangat kental di bagian dashbor mulai dari tombol audio double-din, speedometer, tombol AC hingga kisi kisi AC di kanan kirinya. Termsuk disisipkan sebuah tombol, yang juga bulat, di bawah kanan setir untuk menhidupkan mobil ini. Tombol ini kerap dinamakan sebagai ‘engine start/stop’ dan banyak mobil moderen kini mengaplikasikannya.

Ketika AC dinyalakan tarikan mesin tidak terlalu terbebani dan dinginnyapun menyembur merata keseluruh ruang dalam waktu yang relatif singkat. Semakin nyaman ketika di temani alunan musik dangdut lansiran Inul Daratista yang penikmatnya di tuntut bergoyang ekstrim. Mana mungkin bisa bergoyang sembari mengemudi apalagi dengan gaya ekstrim. Akhirnya kami memutuskan untuk menjajal kemampuan pengereman termasuk rem tangan sebagai pelampiasan.

“Gerakan slalom di tiga dari total empat tikungan kekanan merupakan pelampiasan yang tepat dan hasilnya, cewek bohai di dalam show room lumayan tergoda hingga beranjak keluar menyaksikan kelincahan mobil kutu ini.”

Kami mendapatkan titik drift yang sangat akurat dan berhenti total hanya dalam rentang jarak 15 meter dari kecepatan 60 km/jam. Sampai di titik ini kami bahkan lupa mengingatkan Pak Ferry yang ikut nyemplak di jok belakang untuk tidak ngompol. Kami bahkan enggan menanyakannya apakah ritual itu sudah terjadi. Ketika menaklukkan tikungan ketiga, mobil serasa akan mencium pick-up tua yang teronggok persis di depan tikungan. Cukup hanya dengan kesalahan kecil maka kami akan bersandar pada mobil pick up tadi. Tapi nyatanya, pengendalian yang ditawarkan Mirage mengantar kami untuk menyudahi test-drive ini tanpa lecet sedikitpun kecuali guratan ban yang terukir di setiap tikungan.

Bagaimanapun, kami masih kurang puas dengan performa mesin otomatisnya karena akselerasinya sedikit kedodoran ketika keluar tikungan. Tapi memeang begitulah karakter mobil matic dimana kenyamanan lebih diutamakan. Mungkin akan lain ceritanya apabila model yang kami kendarai adalah tipe manual. Di lain pihak, secara kebetulan kami pernah bertemu dengan tipe manual di daerah Bedugul dan keperkasaan jawara rally empat kali beberapa dekade lalu, Peugeot 206, yang kami kendarai sedikit terusik. Kami diasapi cukup lama dan baru bisa melewatinya ketika tiba di speed-corner persis setelah Strawberry Hill.

Baiklah, kami sudah puas bermain didalam dan kini saatnya untuk menelaah bagian luar. Tampak depan begitu kentara kalau pihak pabrikan tidak mau begitu saja melupakan model moncong saudaranya yang sudah melegenda di ajang WRC. Kap mesin bagian depan memberikan kesan kalau mobil ini merupakan saudara kandung dari keluarga Lancer. Begitupun di bagian buritan dimana lampu belakang mengikuti lekukan tampilan bagian depan. Kendatipun modelnya sudah mengikuti trend yang ada, Mirage akan terlihat lebih berani apabila sedikit di modifikasi terutama pada bagian roda dipadukan dengan gaya wide-body. Tapi itu terserah siapapun yang beruntung bisa menebus mobil yang saat ini di jual pada kisaran 150 juta rupiah. Penyungsung kesederhanaan mestinya mulai berpikir untuk memilikinya.

Photo courtesy: ktb.co.id
Iklan

2 responses to “Mobil Kutu Selincah Goyang Inul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s